Wakil Ketua KPK Laode M. Syarief Tersisih dari Seleksi Calon Pimpinan

Image title
Oleh Antara - Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2019, 16:53
KPK, Seleksi Capim, Pansel.
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Wakil Ketua KPK Laode M. Syarif. Laode tak lolos dalam seleksi profile assesment capim KPK 2019-2023.

Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari Jumat (23/8) mengumumkan 20 orang yang melewati tes profile assesment calon komisioner KPK 2019-2023. Tidak ada nama Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif dalam daftar nama yang lolos seleksi.

Laode menyusul koleganya yakni Basaria Panjaitan yang gagal dalam tes psikologi. Satu-satunya nama pimpinan lembaga antirasuah periode 2015-2019 yang melaju ke tahap tes kesehatan adalah Alexander Marwata.

Sebanyak delapan lembaga yang ikut dalam penelusuran data diri calon. Selain KPK, Pansel melibatkan Kejaksaan, Polri, Badan Intelijen Negara (BIN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Narkotika Nasional (BNN), Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), dan Direktorat Jenderal Pajak.

“Yang dinyatakan lulus profile assessment sebanyak 20 orang,” kata Ketua Pansel Yenti Garnasih dalam konferensi pers di Sekretariat Negara, Jumat (23/8).

(Baca: Pansel Serahkan Data Diri Capim KPK ke 8 Lembaga Hukum)

Dari daftar peserta yang lulus, terdapat nama Wakil Kepala Badan Reserse Kriminal (Wakabareskrim) Polri Irjen Polisi Antam Novambar. Sosok lain yang juga melaju ke tahap berikutnya adalah mantan Deputi Penindakan KPK Irjen Polisi Firli Bahuri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...