Prabowo Akan Hadir di Kongres PDIP, Gerindra: Bukan Petanda Koalisi

Ameidyo Daud Nasution
6 Agustus 2019, 14:14
Prabowo, Megawati Soekarnoputri, Gerindra
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kanan) berpamitan kepada Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) usai menggelar pertemuan tertutup di Jakarta, Rabu (24/7/2019). Pertemuan kedua tokoh nasional bersama sejumlah elit Partai Gerindra dan PDI Perjuangan tersebut dalam rangka silaturahmi pasca Pemilu Presiden 2019. Megawati juga sempat mengundang Prabowo ke Kongres V PDIP di Bali, 8-11 Agustus 2019. Namun Gerindra membantah hadirnya Prabowo jadi sinyal merapat pemerintah.

Partai Gerindra menyatakan hadirnya Prabowo Subianto dalam Kongres V PDIP  bukan merupakan petanda bergabungnya dengan koalisi pemerintah. Wakil Sekretaris Jenderal Gerindra Andre Rosiade mengatakan hadirnya sang Ketua Umum lantaran menghormati undangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Megawati mengundang langsung Prabowo ke Kongres V PDIP yang digelar di Bali, pada 8 - 11 Agustus mendatang. Andre mengatakan kehadiran Prabowo merupakan hal yang wajar, apalagi tokoh-tokoh bangsa ini perlu bersilaturahmi agar kondisi bangsa teduh.

Advertisement

"Masa sedikit-sedikit dibilang mau masuk kabinet," kata Andre kepada Katadata.co.id, Selasa (6/8).

(Baca: Hadirnya Prabowo Subianto di Kongres PDIP Sinyal Gabung Koalisi Jokowi)

Ia mengatakan Prabowo akan ditemani dua Wakil Ketua Umum Gerindra di Kongres PDIP yakni Edhy Prabowo dan Sugiono. Edhy merupakan orang yang sama ketika menemani mantan Komandan Jenderal Kopassus tersebut saat bersua Joko Widodo pada Juli lalu.

"Insya Allah sampai saat ini pak Prabowo akan hadir," ujar Andre.

Sebelumnya Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago menangkap alarm bahwa kans Prabowo untuk bergabung ke koalisi saat ini besar. Rangkaian pertemuan mulai dari Prabowo dengan Jokowi di Moda Raya Terpadu (MRT) hingga pertemuan diselingi santapan nasi goreng dengan Megawati menjadi pertanda.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement