Tiongkok Bantah Trump Soal Covid-19 Berasal dari Laboratorium Wuhan

Ameidyo Daud Nasution
20 April 2020, 18:15
wuhan, trump, virus corona, tiongkok
ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song/foc/dj
Warga menggunakan masker saling berpelukan di Danau Timur di Wuhan, provinsi Hubei, pusat wabah virus corona (COVID-19), Senin (30/3/2020). Tiongkok membantah virus corona datang dari laboratorium di Wuhan.

Tiongkok menyangkal tudingan Presiden Amerika Serikat Donald Trump bahwa virus corona Covid-19 berasal dari laboratorium di Kota Wuhan, Hubei. Wakil Direktur Wuhan Institute of Virology Yuan Zhiming mengatakan tuduhan tersebut malah akan menyesatkan khalayak. 

Sebelumnya Trump dan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo meminta Tiongkok transparan dalam mengungkapkan penyebab munculnya virus ini. Bahkan Trump akan menginvestigasi kemungkinan menyebarnya corona dari kebocoran di Wuhan Institute of Virology.

“Seperti yang kami katakan sejak awal, tidak mungkin virus ini berasal dari kami," kata Yuan dikutip dari NBC, Senin (20/4).

(Baca: Kota Wuhan Revisi Data, Angka Kematian Akibat Corona Naik 50% )

Yuan memahami bahwa beberapa pihak mencari benang merah antara laboratorium dengan Covid-19 yang muncul di Wuhan. Namun ia mengatakan tahu apa yang sedang dikembangkan institut dan cara menanganinya.

“Kami jelas tahu jenis penelitian yang ada di institut dan bagaimana mengelola virus dan sampel (uji),” katanya.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Zhao Lijian beberapa hari lalu telah membantah tuduhan ini. Ia juga menambahkan keterangan organisasi kesehatan dunia (WHO) yang telah menyatakan tak ada bukti Covid-19 dibuat di laboratorium.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...