Pemerintah Targetkan Total 400 Ribu PCR Corona Tiba di RI Besok

Pemerintah berharap jumlah laboratorium pemeriksa spesimen corona bertambah
Dimas Jarot Bayu
23 April 2020, 18:52
PCR, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Anindira Kintara/Lmo/foc.
Ilustrasi alat tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Pemerintah menargetkan 400 ribu reagen PCR untuk memeriksa spesimen Covid-19 akan tiba Jumat (24/4)

Pemerintah terus mendatangkan peralatan guna mendeteksi lebih banyak lagi kasus virus corona Covid-19. Juru bicara nasional penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan secara total akan ada 400 ribu reagen polymerase chain reaction (PCR) didatangkan dari luar negeri hari Jumat (24/4).

Setelah seluruh reagen tersebut didatangkan, pemerintah akan mendistribusikannya ke seluruh laboratorium yang melakukan pemeriksaan corona. Yurianto mengatakan, ada 43 laboratorium yang saat ini aktif untuk memeriksa spesimen corona.

"Tanggal 24 april 2020, kami berharap 400 ribu (reagen) tes PCR juga bisa kami terima," kata Yurianto di Gedung BNPB, Jakarta, Kamis (23/4).

(Baca: Tambah PCR, Kapasitas Tes Corona LBM Eijkman Naik jadi 1.116 Sehari)

Advertisement

Yurianto tidak menyampaikan dari negara mana datangnya peralatan tersebut. Namun alat ini akan menambah kapasitas tes corona yang telah ada. Dia memerinci sebelumnya 10 ribu reagen PCR telah didatangkan pada 16 April 2020 lalu. Pada 19 April 2020, pemerintah juga mendatangkan 50 ribu reagen PCR.

Pada tanggal 21 April, sudah ada 21.300 unit reagen PCR tiba di Tanah Air. Sedangkan hari ini, pemerintah kembali mendatangkan 15 ribu reagen PCR dari Korea Selatan ke Jakarta.

Dengan adanya tambahan reagen tersebut, dia berharap jumlah laboratorium pemeriksa corona dengan metode PCR bisa bertambah. "Sehingga pengujian sampel secara masif bisa kami lakukan," kata Yurianto.

Adapun, Yurianto menyebut ada 59.935 spesimen yang telah diperiksa dengan metode PCR hingga saat ini. Sementara, jumlah kasus yang telah diperiksa spesimennya sebanyak 48.647 orang.

Dari jumlah tersebut, jumlah kasus yang telah terkonfirmasi positif corona sebanyak 7.775 orang. Ada tambahan 357 kasus positif yang dilaporkan pada hari ini.

(Baca: Indofarma Segera Produksi 15 ribu Ventilator dan Alat Pelindung Diri)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait