Bill Gates Prediksi Vaksin Virus Corona Baru Tersedia Tahun Depan

Ameidyo Daud Nasution
27 April 2020, 17:04
bill gates, virus corona, covid-19
Arief Kamaludin|KATADATA
Pemilik Microsoft Bill Gates (27/4) memprediksi vaksin virus corona covid-19 baru tersedia pada 2021

Pendiri Microsoft Bill Gates memprediksi pengembangan vaksin virus corona Covid-19 paling tidak memerlukan waktu satu tahun. Dia juga menjelaskan kecil kemungkinan antivirus selesai dikembangkan pada September mendatang.

Sebelumnya tim dari Universitas Oxford menargetkan vaksin bisa tersedia pada bulan September 2020 mendatang. Namun Gates mengatakan idealnya pengembangan vaksin baru dapat dirampungkan dalam waktu 18 bulan.

Ada beberapa calon vaksin yang siap didanai orang terkaya kedua di dunia itu, salah satunya adalah INO-4800 yang dikembangkan Inovio Pharmaceuticals. Vaksin ini sudah diuji coba ke hewan, dan menunjukkan peningkatan respons imun.

 “Jika semuanya berjalan dengan sempurna, kami akan berada dalam skala produksi dalam satu tahun," kata Gates dikutip dari South China Morning Post, Senin (27/4).

(Baca: Bill Gates Bantah Tudingan Sebagai Pencipta Covid-19)

Gates juga memperingatkan agar negara-negara, khususnya Amerika Serikat tidak terburu-buru membuka kegiatan normal demi mencegah munculnya kembali kasus corona. Dia mencontohkan pandemi ini menyebar lewat penerbangan internasional pada awal tahun 2020.

Dia mengatakan skenario terbaik memulihkan kegiatan usai pandemi berakhir adalah dengan cara bertahap. Ia mengatakan sekolah, manufaktur, dan konstruksi adalah kegiatan bernilai tinggi dan bsia dibuka dengan mengenakan masker serta jaga jarak fisik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...