Cegah Virus Corona, Ridwan Kamil Ajukan PSBB Provinsi Jabar ke Terawan

Ameidyo Daud Nasution
29 April 2020, 22:11
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kanan), memberikan keterangan pers usai melakukan koordinasi, di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). Menteri Dalam Negeri berkoordinasi dengan Pemerintah Jaw
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/ama.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). Ridwan (29/4) mengatakan akan mengajukan PSBB Jabar ke Kementerian Kesehatan.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengajukan rencana Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB) tingkat provinsi ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Hal tersebut merupakan kesepakatan rapat koordinasi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 17 Bupati dan Wali Kota di Jabar yang belum melakukan pembatasan.

Ridwan mengatakan PSBB Jabar merupakan kebutuhan wilayah tersebut saat ini. Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, jumlah kasus virus corona Covid-19 di Jabar hingga Rabu (29/4) mencapai 1.009 kasus atau terbanyak kedua di RI.

“Memudahkan birokrasi sehingga cukup satu surat dari Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar,” kata Ridwan di Bandung, Rabu (29/4).

(Baca: Kemenhub Tolak Usulan Anies-RK Setop KRL saat PSBB Jabodetabek)

Jika disetujui Kemenkes, targetnya PSBB Jabar akan berlaku Rabu (6/5). Ridwan juga meminta para bupati dan wali kota langsung melakukan sosialisasi persiapan pembatasan di wilayahnya masing-masing. “Supaya dapat mengondisikan masyarakat,” kata Emil.

Bupati Majalengka Karna Sobahi mengatakan sepakat dengan pemberlakuan PSBB Jabar. Apalagi menurutnya banyak kasus di wilayahnya merupakan imported case sehingga perlu pembatasan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...