Pemerintah Pakai Asrama Haji Pondok Gede untuk Isolasi Pekerja Migran

Dimas Jarot Bayu
11 Mei 2020, 15:48
asrama haji, virus corona, pekerja migran
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc.
Pendataan Pekerja migran dari Malaysia di Kota Dumai, Riau, Rabu (29/4/2020). Pemerintah menyiapkan Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi untuk isolasi pekerja migran yang pulang guna mencegah penyebaran virus corona Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penggunaan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta dan Bekasi, Jawa Barat sebagai lokasi isolasi para pekerja migran, pelajar, dan jemaah tabligh yang pulang ke Tanah Air. Hal itu merupakan keputusan dalam rapat terbatas pada Senin (11/5).

Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan penggunaan fasilitas asrama haji untuk lokasi isolasi sementara agar pengawasan pekerja migran dari virus corona lebih mudah dan terkontrol.

Selama ini, Doni menyebut para pekerja migran diisolasi di sejumlah hotel. Hanya saja, petugas medis dan keamanan sulit mengawasi upaya isolasi para pekerja migran tersebut secara optimal.

“Dengan adanya izin dari Bapak Presiden untuk penggunaan Asrama Haji Pondok Gede dan Bekasi, maka kami harapkan unsur kontrol dan pengawasan akan jauh lebih baik,” kata Doni usai rapat terbatas melalui konferensi video, Senin (11/5).

(Baca: Waspada Corona, Jokowi Awasi 34 Ribu Pekerja Migran yang Kembali ke RI)

Doni mengatakan, para pekerja migran yang diisolasi tersebut akan menjalani tes polymerase chain reaction (PCR). Jika hasilnya negatif virus corona Covid-19, pemerintah akan mengatur kepulangan mereka ke daerah masing-masing.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...