WHO: Ada 7-8 Calon Kuat Vaksin Corona yang Sedang Dikembangkan

Ameidyo Daud Nasution
12 Mei 2020, 15:36
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, mengumumkan penetapan darurat kesehatan global atas wabah virus corona, di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1).
TWITTER @WHO
Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus di Jenewa, Swiss, Kamis (30/1). Tedros (11/5) mengatakan saat ini ada 7 atau 8 kandidat kuat vaksin corona yang sedang dikembangkan

Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengatakan saat ini ada tujuh hingga delapan kandidat terkuat vaksin virus corona Covid-19 yang sedang dikembangkan. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus saat konferensi dengan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, Senin (11/5).

Beberapa hari lalu WHO sempat menyatakan saat ini ada 70 kandidat vaksin virus corona yang tengah dikembangkan secara global. Sebanyak tiga di antaranya sudah diuji coba ke manusia. Meski demikian Tedros tidak menjabarkan antivirus milik siapa yang saat ini jadi kandidat terkuat

“Yang teratas sekitar tujuh atau delapan. Tetapi kami memiliki lebih dari seratus kandidat,” kata Tedros dikutip dari Al-Jazeera, Selasa (12/5).

(Baca: WHO Peringatkan Perokok Berisiko Lebih Tinggi jika Terjangkit Covid-19)

Sebelumnya pemimpin 40 negara, organisasi, serta perbankan global telah berkomitmen mengucurkan US$ 8 miliar atau Rp 119 triliun demi mengembangkan vaksin corona. Namun Tedros mengatakan masih dibutuhkan dana lebih besar lagi guna memacu pengembangan antivirus.

“Kami fokus pada kandidat yang dapat membawa hasil yang mungkin lebih baik lagi,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...