Pemerintah Longgarkan Transportasi, Pelni Kembali Jual Tiket Penumpang

Image title
17 Mei 2020, 12:20
pelni, pelonggaran, transportasi
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasu penumpang kapal Pelni di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/6). Pelni mulai menjual lagi tiket penumpang sejak Sabtu (16/5).

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PT Pelni mulai membuka pelayanan penjualan tiket bagi penumpang, sejak Sabtu (16/5). Hal ini seiring adanya pelonggaran pembatasan transportasi yang diberikan oleh pemerintah.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelni (Persero), O. M. Sodikin mengatakan, pembelian tiket hanya dapat dilakukan melalui loket kantor cabang BUMN pelayaran tersebut. Selain itu layanan hanya diberikan pada pelabuhan naik dan turun penumpang yang sudah dibuka.

Advertisement

(Baca: Pelni Setop Penjualan Tiket Penumpang Karena Pelarangan Mudik Lebaran)

Sodikin juga menjelaskan piihaknya menetapkan syarat ketat kepada calon penumpang untuk membeli tiket. Mereka harus melampirkan surat keterangan kesehatan dari pihak yang berwenang pada periode maksimal tujuh hari sebelum keberangkatan. 

Sedangkan, seluruh calon penumpang dianjurkan untuk menggunakan metode pembayaran secara non tunai. Hal ini sesuai dengan persyaratan  protokol penanganan penumpang Pelni selama masa Covid-19 serta Surat Edaran (SE) Gugus Tugas Covid-19 Nomor 4/2020 dan SE Dirjen Perhubungan Laut Nomor 21/2020.

“Persyaratan yang ketat sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan oleh Pemerintah,” katanya dalam keterangan tertulisnya, dikutip, Minggu (17/5).

Selain itu Pelni saat ini hanya akan menjual sekitar 50 % tiket dari kapasitas. Mereka juga mengatur pembatasan jarak penumpang saat berada di atas kapal sebagai bagian physical distancing. “Baik itu nomor kasur maupun saat pengambilan makanan,” kata Sodikin.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement