Kolaborasi #BagiAsa Telah Salurkan Donasi Rp 1,1 Miliar ke Warga

Kolaborasi #BagiAsa digagas oleh empat media yakni Katadata, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama firma hukum Hendra Soenardi, serta Foodbank of Indonesia
Ameidyo Daud Nasution
17 Mei 2020, 18:20
#BagiAsa, donasi, virus corona
Katadata
Kolaborasi #BagiAsa telah berhasil mengumpulkan donasi Rp 1,1 miliar dalam sebulan. Gerakan ini bertujuan menyediakan pangan bagi masyarakat terdampak virus corona. (Foto: Istimewa)

Kolaborasi FoodBank of Indonesia dan sejumlah media lewat program #BagiAsa telah mengumpulkan donasi sebesar Rp 1,1 miliar. Sumbangan tersebut telah digunakan untuk menyediakan 2.550 paket sembako kepada kelompok masyarakat yang rentan dampak virus corona Covid-19.

Kolaborasi #BagiAsa digagas oleh empat media yakni Katadata.co.id, Bisnis Indonesia, SWA dan KBR bersama firma hukum Hendra Soenardi, Foodbank of Indonesia (FOI) dan Acclerice. Selain itu gerakan ini juga telah menyalurkan 2.000 porsi makanan siap saji yang disiapkan Accelerice dengan harga terjangkau.

Ini bagian dari upaya menghidupkan aktivitas karyawan jaringan restoran terssebut. “Kami mencoba terus bergerak di tengah pandemi melalui kerja sama dengan berbagai pihak,” kata Pendiri FOI Hendro Utomo dalam keterangan tertulis yang diterima Minggu (17/5).

(Baca: Perjuangan Foodbank Entaskan Kelaparan Warga Rentan saat Corona)

Advertisement

Total sembako tersebut telah disalurkan ke 14 titik di DKI Jakarta. Sedangkan sejumlah pihak yang telah berpartisipasi antara lain Triputra Group, Unicharm, Blibli.com, Indika Foundation, iForte, dan KedaiSayur.  “Harapannya, pertahanan kolektif kami kuat di segala sisi dan meraih kemenangan,” kata Hendro.

Selain #BagiAsa, FOI juga membuat program penyaluran sembako dan makanan berbuka puasa  bagi kelompok rentan di 11 wilayah Indonesia. Mereka antara lain berada di Yogyakarta, Bandung, Solo, dan Surabaya.

Sasarannya adalah lansia, anak-anak, dan pekerja informal yang memerlukan bantuan pangan. Hendro menjelaskan pandemi telah menyebabkan penghasilan masyarakat merosot drastis dan mengganggu akses pangan.

“Padahal pangan salah satu hal terpenting terutama bagi amsyarakat di garis kemiskinan,” tulis keterangan FOI.

Diharapkan bantuan seperti ini akan memunculkan harapan baru bagi kelompok yang rentan. Gerakan ini juga disasar untuk membuka akses pangan sebagai upaya pencegahan penularan virus corona.

(Baca: iForte Salurkan 500 Paket Sembako Lewat Gerakan BagiAsa)

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait