Jokowi Luncurkan 55 Teknologi Buatan RI untuk Tangani Virus Corona

Presiden juga optimis Indonesia dapat mengurangi ketergantungan impor alat kesehatan dengan ketersediaan produksi lokal.
Image title
20 Mei 2020, 14:16
virus corona, jokowi, teknologi lokal
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). Jokowi (20/5) meluncurkan 55 teknologi kesehatan lokal untuk menangani virus corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan 55 produk riset, teknologi, dan inovasi buatan lokal untuk menangani virus corona Covid-19. Peluncuran alat-alat tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2020.

Jokowi menjelaskan saat ini dunia tengah beradu cepat dalam menangani wabah covid-19. Oleh karena itu, situasi tersebut harus dijawab dengan inovasi dan karya yang nyata. Presiden juga optimis Indonesia dapat mengurangi ketergantungan impor alat kesehatan dengan memproduksi sendiri.

"Ini momentum baru bagi kebangkitan bangsa, momentum baru kebangkitan sains dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan," kata Jokowi dalam Peresmian Peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 secara virtual, Rabu (20/5).

(Baca: Didukung 194 Negara, Majelis WHO Sepakat Evaluasi Penanganan Covid-19)

Advertisement

Dari 55 produk tersebut, Jokowi telah melihat sembilan produk unggulan. Beberapa di antaranya ialah rapid test kit dan polymerase chain reaction (PCR) test kit yang sudah bisa diproduksi hingga 100 ribu buah.

Selain itu, ada pula emergency ventilator karya Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), PT Polijaya dan PT Dharma. "Ini tinggal diproduksi," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo itu juga berharap agar karya tersebut dapat diproduksi massal serta diekspor ke berbagai negara. Makanya, kerja sama dan kolaborasi antara anak bangsa harus diperkuat dengan dukungan lembaga litbang, perguruan tinggi, dunia usaha, dunia industri, dan masyarakat. "Dunia industri harus berani investasi dan masyarakat mulai mencintai produksi dalam negeri," katanya.

(Baca: Kemenristek Tambah Dana Penelitian Rp 29,4 Miliar untuk Tangani Corona)

Beberapa produk riset dan inovasi penanganan covid-19 tersebut antara lain:

1. PCR Test Kit
2. Rapid Diagnostic Test IgG Kit
3. Emergency ventilator, ventilator Indonesia, ICU Ventilator, dan low-cost ventilator transport
4. Imunomodulator herbal asli Indonesia
5. Plasma Convalescence
6. Mobile Lab Bio Safety Lab-2
7. Sistem Artificial Intelligence untuk deteksi Covid-19
8. Autonomous UVC Mobile Robot dan Medical Asisstant Robot Raisa
9. Purifying Respirator
10. Simple smart UVC sanitizer
11. Pengujian hazmat produksi lokal
12. Produksi face shield
13. Handsfree door opener 
14. Pelatihan relawan Lab BSL-3

 

Reporter: Rizky Alika
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait