Jokowi Luncurkan 55 Teknologi Buatan RI untuk Tangani Virus Corona

Rizky Alika
20 Mei 2020, 14:16
virus corona, jokowi, teknologi lokal
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). Jokowi (20/5) meluncurkan 55 teknologi kesehatan lokal untuk menangani virus corona

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan 55 produk riset, teknologi, dan inovasi buatan lokal untuk menangani virus corona Covid-19. Peluncuran alat-alat tersebut dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional pada 20 Mei 2020.

Jokowi menjelaskan saat ini dunia tengah beradu cepat dalam menangani wabah covid-19. Oleh karena itu, situasi tersebut harus dijawab dengan inovasi dan karya yang nyata. Presiden juga optimis Indonesia dapat mengurangi ketergantungan impor alat kesehatan dengan memproduksi sendiri.

Advertisement

"Ini momentum baru bagi kebangkitan bangsa, momentum baru kebangkitan sains dan teknologi, khususnya di bidang kesehatan," kata Jokowi dalam Peresmian Peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 secara virtual, Rabu (20/5).

(Baca: Didukung 194 Negara, Majelis WHO Sepakat Evaluasi Penanganan Covid-19)

Dari 55 produk tersebut, Jokowi telah melihat sembilan produk unggulan. Beberapa di antaranya ialah rapid test kit dan polymerase chain reaction (PCR) test kit yang sudah bisa diproduksi hingga 100 ribu buah.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement