WHO Sebut Benua Amerika Jadi Episentrum Baru Corona

Ameidyo Daud Nasution
27 Mei 2020, 12:46
Ricardo Moraes Seorang petugas toko obat, memakai kostum dengan masker pelindung, memperlihatkan semprotan alkohol di sebuah pusat komersial saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Rio de Janeiro, Brazil, Kamis (16/4/2020).
ANTARA FOTO/REUTERS/Ricardo Moraes/wsj/cf
Pusat komersial saat penyebaran penyakit virus korona (COVID-19) di Rio de Janeiro, Brazil, Kamis (16/4/2020). WHO menyebut episentrum Covid-19 telah bergeser ke wilayah Benua Amerika.

Episentrum penyebaran virus corona Covid-19 di dunia kembali bergeser. Setelah Tiongkok dan Eropa, kali ini organisasi kesehatan dunia (WHO) menyatakan pusat pandemi telah berpindah ke Benua Amerika.

Ini lantaran kasus corona terus meningkat terutama di wilayah Amerika Latin. Direktur WHO untuk Wilayah Amerika sekaligus Kepala Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) Dr Carissa Etienne juga menyoroti secara khusus Brazil yang terus mengalami lonjakan kasus signifikan dalam sepekan terakhir.

Advertisement

Dilansir dari Reuters, total kasus positif corona di benua ini telah mencapai 2,4 juta orang dengan angka kematian 143 ribu orang. Dari laman Worldometers, hingga Rabu (27/5), kasus Covid-19 terbanyak di Amerika Serikat dengan jumlah 1,7 juta kasus. Di bawahnya ada Brazil dengan 394.507 orang terinfeksi. 

“Sekarang saatnya untuk tetap kuat, waspada, dan secara agresif menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang terbukti,” kata Etienne dikutip dari CNN, Rabu (27/5).

(Baca: Peneliti AS Temukan Kain yang Bisa Melemahkan Virus Corona)

Peru dan Chile juga merupakan negara Amerika Latin yang dilanda pandemi corona secara serius. Jumlah kasus positif Covid-19 di Peru mencapai 129.751 orang atau berada di peringkat 12 dunia. Sedangkan angka infeksi corona Chile sebanyak 77.961 kasus.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement