Cegah Terkena Covid-19, Balita Dilarang Naik KRL Saat New Normal

Rizky Alika
2 Juni 2020, 19:44
Suasana KRL Commuter Line di Stasiun Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/4/2020). Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyatakan Pengguna transportasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) menurun selama p
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Suasana KRL Commuter Line di Stasiun Bojonggede, Bogor, Jawa Barat, Senin (20/4/2020). PT KCI (2/6) melarang balita mengunakan KRL saat new normal demi mencegah terkena corona.

Persiapan kenormalan baru (new normal) saat ini tengah disiapkan oleh PT Kereta Commuter Indonesia (KCI).  Salah satunya, mereka akan melarang balita menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) Commuter Line demi mencegah potensi terinfeksi virus corona Covid-19.

Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti mengatakan larangan penumpang balita menaiki KRL ini akan berlaku hingga kasus covid-19 melandai atau berakhir. Apalagi masih banyak orang dewasa yang kurang tertib dalam mengenakan masker.

Advertisement

"Pelarangan balita ini sampai pandemi turun atau selesai karena anak-anak ada juga yang terpapar Covid-19," kata dia dalam sebuah webinar, Selasa (2/6).

(Baca: Anies Terbitkan Pergub PSBB Jakarta, Ini Daftar Sanksi Bagi Pelanggar)

Pembatasan juga berlaku pada lansia yang memiliki risiko tinggi terpapar corona. Mereka hanya dibolehkan naik KRL di luar jam sibuk yakni 10.00 WIB hingga 14.00 WIB. Selain itu, KCI juga melarang para penumpang berbicara secara langsung atau melalui telepon selama perjalanan kereta.

Kewajiban penggunaan masker juga tetap diberlakukan selama new normal. Petugas di pintu masuk stasiun akan memeriksa serta melarang penumpang untuk masuk bila tidak menggunakan pelindung wajah.

Sedangkan para pedagang yang membawa barang dagangannya diperbolehkan boleh naik KRL di luar jam sibuk, yaitu pada pukul 04.00-08.00 WIB dan 10.00-14.00 WIB. "Ini supaya tidak saling mengganggu dengan kepadatan penumpang di jam-jam sibuk," ujar Wiwik.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement