Pemerintah Sebut 11 Provinsi Tanpa Tambahan Kasus Corona Hari Ini

Tambahan kasus corona tertinggi masih berada di Jawa Timur, yakni 183 orang
Dimas Jarot Bayu
3 Juni 2020, 17:15
virus corona, covid-19, update corona indonesia
ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/wsj.
Pedagang kaki lima (PKL) menata daganganya di kawasan Jalan Malioboro, Yogyakarta, Senin (1/6/2020). Yogyakarta jadi satu dari 11 provinsi tanpa penambahan kasus baru Covid-19 hari Rabu (3/6).

Kenaikan kasus virus corona Covid-19 sebanyak 684 orang tak terjadi pada semua provinsi di Indonesia. Pemerintah melaporkan ada 11 provinsi tanpa tambahan konfirmasi positif virus tersebut pada Rabu (3/6).

Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, 11 provinsi itu adalah Aceh, Bengkulu, Yogyakarta, Jambi, Kalimantan Utara. Kemudian, Kepulauan Riau, Lampung, Riau, Papua Barat, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan tambahan kasus corona tertinggi masih berada di Jawa Timur, yakni 183 orang. "Meski dibanding kemarin, ini ada penurunan," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Covid-19 Achmad Yurianto di Gedung BNPB, Rabu (3/6).

(Baca: Positif Corona di RI 28.233 Orang, Lebih dari 8.000 Pasien Telah Pulih)

Advertisement

Tambahan kasus corona terbanyak kedua berada di Jakarta, yakni 82 orang. Di bawah DKI ada Banten dengan tambahan kasus pada hari ini sebanyak 71 orang. Lalu di Kalimantan Selatan ada kenaikan 64 kasus baru corona. "Di Papua ada 34 kasus. Ini menurun dibanding kemarin," kata Yurianto.

Penambahan kasus corona juga ditemukan di Sulawesi Selatan, yakni 38 orang. Ada pula tambahan kasus corona di Sumatera Utara sebanyak 26 orang. Kemudian, ada kenaikan 23 kasus corona masing-masing di Jawa Tengah dan Sulawesi Utara. Sebanyak 15 kasus baru masing-masing berada di Nusa Tenggara Barat dan Maluku. 

Penambahan kasus corona juga terjadi di Bangka Belitung dan Kalimantan Timur masing-masing sebanyak 12 orang. Ada tambahan 10 kasus corona baru masing-masing di Sumatera Selatan dan Gorontalo.

Tambahan 9 kasus corona terjadi di Sumatera Barat. Sebanyak 7 kasus corona baru muncul di Sulawesi Tenggara. Lalu, ada tambahan 6 kasus di Kalimantan Barat, 5 kasus di Jawa Barat, 3 kasus di Bali, 2, kasus di Maluku Utara, dan 1 kasus di Sulawesi Tengah. Total lonjakan jumlah masyarakat terinfeksi corona hari ini mencapai 684 orang. "Sehingga totalnya menjadi 28.233 orang.

Yurianto juga mengumumkan adanya 471 pasien yang dinyatakan sembuh dari corona pada hari ini. Alhasil, total pasien yang sembuh dari corona mencapai 8.406 orang. Selain itu, terdapat 35 orang yang meninggal dunia usai terinfeksi Covid-19 pada hari ini. "Sehingga totalnya menjadi 1.698 orang," kata dia.

(Baca: Datang ke Restoran Saat Normal Baru, Pengunjung Wajib Pakai Masker)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait