Epidemiolog Minta Anies Hapus Zonasi Rawan Corona di 66 RW Jakarta

Image title
7 Juni 2020, 14:02
virus corona, jakarta, Covid-19
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Warga berjaga jarak saat menunggu bus di Halte Bunderan HI, Jakarta Pusat, Rabu (18/3/2020). Epidemiolog UI Pandu Riono (7/6) minta Pemprov DKI Jakarta hapuskan zona merah Covid-19 di Ibu Kota.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih menetapkan 66 rukun warga (RW) di Ibu Kota sebagai zona merah penyebaran virus corona Covid-19. Meski demikian, langkah untuk pemutusan rantai penularan penyakit tersebut dikiritik oleh ahli.

Pakar epidemiologi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) Pandu Riono meminta Anies dan Pemprov DKI menghapus zonasi wilayah penyebaran wabah. Ini lantaran masyarakat yang tinggal di zona kuning maupun hijau kerap mengabaikan protokol kesehatan.

Advertisement

Dikhawatirkan jika ada dikotomi zonasi, maka masyarakat akan lengah dan tak menerapkan protokol kesehatan dengan maksimal. Pandu mengatakan hal paling penting saat transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ini memastikan warga tetap disiplin menjaga diri dari infeksi corona.

"Semua RW seharusnya dianggap merah jadi tidak ada zona-zonaan. Yang terpenting kewaspadaan masyarakat untuk menekan penularan virus tetap harus tinggi," kata Pandu kepada Katadata.co.id, Minggu (7/6).

(Baca: Masa Transisi PSBB, Kendaraan Umum Bisa Beroperasi hingga Jam 22.00)

Menurut dia, meskipun Pemprov DKI Jakarta mulai menerapkan fase transisi pertama, namun potensi peningkatan kasus positif Covid-19 masih sangat tinggi. Oleh karena itu, seluruh masyarakat diminta selalu disiplin menjalakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Sedangkan Hasil survei yang dilakukan Lapor Covid-19 menunjukkan, warga DKI Jakarta merasa belum siap memasuki era normal baru atau “New Normal”.  Ini tercermin dari indeks persepsi risiko DKI Jakarta yang sebesar 3,46. Angka 1 menunjukkan bahaya, 2 tidak siap, 3 kurang siap, 4 agak siap, dan 5 siap. Berikut grafik persepsi masyarakat Jakarta:

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement