Ilmuwan Tiongkok Sebut Vaksin Corona Bisa Digunakan Akhir Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
9 Juni 2020, 12:31
vaksin corona, virus corona, tiongkok
ANTARA FOTO/Moch Asim
Penelitian cairan struktur pernafasan (respirasi) kelelawar di Surabaya, Jawa Timur, Senin (10/2/2020). Ilmuwan Tiongkok prediksi vaksin corona bisa digunakan untuk keperluan darurat pada akhir tahun.

Ilmuwan Tiongkok Zhong Nanshan memprediksi vaksin untuk keperluan darurat melawan virus corona Covid-19 bisa ditemukan dan digunakan beberapa bulan lagi. Meski demikian imunisasi secara massal baru bisa dilakukan dalam satu atau dua tahun mendatang. 

Zhong merupakan salah satu ahli yang paling awal mendeteksi munculnya corona di Kota Wuhan, Hubei. Dia juga berpengalaman dalam menangani wabah SARS yang terjadi tahun 2002 silam.

“Vaksin baru dapat digunakan secara darurat pada awal musim gugur ini atau akhir tahun. " kata Zhong dikutip dari South China Morning Post, Selasa (9/6).

(Baca: Trump Klaim AS Telah Produksi 2 Juta Dosis Vaksin Corona Siap Edar)

Zhong mengatakan tanpa vaksin,  kekebalan kawanan (herd immunity) bisa tercapai namun harus melewati angka kematian yang tinggi. Dia menjelaskan untuk mencapai imunitas di suatu negara memerlukan rasio infeksi 60% hingga 70% di antara populasi penduduk. Hal ini menurutnya berisiko memunculkan jutaan korban. “Salah satu solusi adalah vaksinasi massal," kata Zhong.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...