Bappenas Targetkan Tes Corona RI Naik Jadi 27 Ribu Spesimen per Hari

Agatha Olivia Victoria
9 Juni 2020, 19:24
tes corona, bappenas, virus corona
ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/foc.
Tes swab di Pasar Raya Padang, Sumatera Barat, Selasa (9/6/2020). Bappenas (9/6) menargetkan uji spesimen corona bisa mencapai 27 ribu per hari.

Pemerintah menargetkan kemampuan uji spesimen virus corona Covid-19 bisa ditingkatkan paling tidak 27 ribu sampel per hari. Angka tersebut demi mengejar target ideal yang menjadi anjuran organisasi kesehatan dunia (WHO).

Sebelumnya Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan bawahannya agar mampu meningkatkan jumlah tes dari 10 ribu menjadi 20 ribu per hari. Namun Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa meyakini kemampuan RI menggelar uji spesimen bisa di atas itu.

Advertisement

“Hitungan kami, kemampuan tes PCR bisa ditingkatkan minimal jadi 27 ribu," kata Suharso dalam Bicara Data Virtual Series bertajuk 'Strategi Besar Pemulihan Nasional Pasca Pandemi' oleh Katadata.co.id, Selasa (9/6).

(Baca: Jokowi Tambah Target Uji Spesimen Corona jadi 20 Ribu Per Hari)

Suharso menjelaskan angka uji spesimen corona di RI saat ini masih di bawah anjuran WHO. Mereka mengimbau tiap negara dengan satu kasus Covid-19 bisa melakukan tes terhadap 20 orang.

Dia mengatakan saat ini rata-raat negara di dunia bisa melakukan tes kepada 11,8 orang jika ada satu kasus baru infeksi corona. Sedangkan angka tes di RI baru mencapa 8,4-8,6 orang per satu penularan. "Jadi harus naik pelan-pelan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement