Bantuan 100 Ventilator dari AS Tiba di Indonesia Awal Juli

Ameidyo Daud Nasution
11 Juni 2020, 15:42
amerka serikat, ventilator, virus corona
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/foc.
Ventilator portabel milik PT Dirgantara Indonesia, Bandung, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Menlu Retno Marsudi (11/6) mengatakan ventilator bantuan dari AS akan tiba di RI awal Juli

Pemerintah menyampaikan bahwa bantuan ventilator dari Amerika Serikat (AS) akan tiba di RI awal Juli 2020. Peralatan ini sebelumnya langsung dipesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada Presiden AS Donald Trump guna menangani pasien virus corona Covid-19 di Tanah Air.

Menteri Luar Negeri Retno P. Marsudi mengatakan bantuan yang akan diberikan Negeri Paman Sam sebanyak 100 alat bantu pernapasan. “Kami terus berkomunikasi dengan AS dan menerima informasi pengiriman pertama ventilator akan tiba awal Juli 2020,” kata Retno dalam konferensi pers, Kamis (11/6).

(Baca: Telepon Donald Trump, Jokowi Minta AS Sumbangkan Ventilator)

Selain AS, Retno mengatakan bantuan alat kesehatan dari Tiongkok telah tiba pada 5 Juni lalu. Peralatan itu terdiri dari 150 ribu alat tes polymerase chain reaction (PCR), 1,3 juta masker bedah, 80 ribu masker medis, 50 ventilator portabel dan lainnya.

Tak hanya itu, Indonesia juga menerima bantuan lain dalam penanganan corona dari Jepang, Asia Productivity Organization, UN Women, serta UNDP. Meski demikian, Retno tak menjelaskan apa saja yang diberikan oleh pihak lain ini.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...