Istana Sebut Jokowi Tak Bisa Intervensi Persidangan Kasus Novel

Dimas Jarot Bayu
17 Juni 2020, 12:07
novel baswedan, jokowi, kpk
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Penyidik KPK Novel Baswedan (kiri) di Jalan Deposito, Kelapa Gading, Jakarta, Jumat (7/2/2020). Pihak Istana Kepresidenan mengatakan Presiden Jokowi tak bisa ikut campur mengintervemsi persidanga Novel.

Istana mengklaim Presiden Joko Widodo (Jokowi) tetap berkomitmen dalam mereformasi hukum di Indonesia. Namun Presiden tetap tak bisa mengintervensi jalannya persidangan terhadap pelaku penyerangan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan.

Sebelumnya Novel menilai persidangan terhadap pelaku penyerangnya baru sampai kepada tuntutan dan masih bisa diintervensi di ranah eksekutif.  Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian menyerahkan jalannya persidangan sesuai prosedur yang berlaku.

Advertisement

“Jadi saya kira apa yang dikatakan Pak Novel menjadi kepedulian dan menjadi tujuan pemerintah itu sendiri,” kata Donny saat dihubungi Katadata.co.id, Rabu (17/6).

(Baca: Tim Advokasi Temukan 9 Kejanggalan di Sidang Penyiraman Novel Baswedan)

Donny juga menanggapi permintaan Novel agar Jokowi turun tangan membenahi persoalan hukum, termasuk sistem peradilan di Indonesia. Menurutnya, Presiden peduli dengan persoalan sistem hukum RI yang perlu dibenahi. “Mulai dari penegakan hukum, sistem peradilan, dan semua yang terkait dengan hukum dan keadilan,” kata Donny.

Menurut Novel, Jokowi bisa ikut memperbaiki masalah tersebut lantaran Indonesia menerapkan sistem presidensial. Apalagi menurutnya kekuasaan tertinggi pemerintah berada di tangan Jokowi.  Berbeda jika persidangan sudah mencapai tahap putusan yang menjadi ranah yudikatif sehingga pemerintah tak bisa ikut campur.

“Sampai tuntutan ini adalah ranah Presiden. Karena itu saya berharap Presiden Indonesia, Pak Jokowi ini mau bersikap," kata Novel dalam diskusi virtual, Selasa (16/6).

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement