Pemerintah akan Dukung Unair Kembangkan Kombinasi Obat Corona

Ameidyo Daud Nasution
17 Juni 2020, 17:15
universitas airlangga, virus corona, obat corona
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Menko PMK Muhadjir Effendy di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (11/6/2020). Muhadjir mengatakan pemerintah akan mendukung Universitas Airlangga mengembangkan obat virus corona.

Pemerintah akan mendukung pengembangan kombinasi obat virus corona yang sedang dilakukan Universitas Airlangga. Apalagi adanya obat Covid-19 dapat berdampak luas bagi masyarakat banyak.

Unair telah menemukan lima kombinasi pengobatan corona. Kelimanya terdiri dari lopinavir, ritonavir dan doksisiklin; lopinavir, ritonavir dan azitromisin; lopinavir, ritonavir dan klarotrosimin; hidroksiklorokuin dan azitrosimin; dan hidroksiklorokuin dan doksisiklin.

Advertisement

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan dirinya telah berbicara dengan para peneliti Unair mengenai apa dukungan yang bisa diberikan. “Terutama terkait proses,” kata Muhadjir dalam keterangan resmi yang diterima Rabu (17/6).

(Baca: 4 Negara Beli Vaksin AstraZeneca, CEO Klaim Proteksi Corona 1 Tahun)

Muhadjir hari Selasa (16/6) meninjau laboratorium dan rumah sakit milik Unair di Surabaya. Dia juga sempat memuji fasilitas uji spesimen corona milik kampus tersebut karena menjadi andalan wilayah Jawa Timur.

“Fasilitasnya sudah sangat bagus. Kemudian di sini ada RS khusus dengan kapasitas hampir 300 kasur,” kata mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement