Atasi Masalah Bansos, Mendagri Minta Pemda Keluarkan 'Jurus Silat'

Dimas Jarot Bayu
17 Juni 2020, 18:39
tito karnavian, bansos, virus corona
ANTARA FOTO/Feny Selly/pras.
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (kiri) di Griya Agung Palembang, Sumsel, Sabtu (21/3/2020). Tito pada Rabu (17/6) meminta kepala daerah berinovasi dalam menyelesaikan masalah penyaluran bantuan sosial.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta para kepala daerah kreatif dalam menyelesaikan berbagai persoalan dalam penyaluran bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak virus corona. Dengan demikian, penyaluran bansos bisa semakin cepat dan tepat untuk membantu masyarakat.

Menurut Tito, para kepala daerah dapat melakukan inovasi disertai prinsip transparansi dan kecepatan dalam mengatasi masalah ini. Hal tersebut diperlukan lantaran situasi saat ini belum pernah dihadapi sebelumnya oleh Indonesia.

“Saya minta teman-teman kepala daerah keluarkan jurus silatnya supaya permasalahan bisa selesai di situasi yang memang belum pernah kita alami sejak merdeka,” kata Tito melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/6).

(Baca: Penyaluran Terhambat, Realisasi Bantuan Sosial Tunai Baru 73,3%)

Selain itu, Tito meminta para kepala daerah tidak pasif ketika menanggapi persoalan penyaluran bansos. Dia juga menginstruksikan pemimpin daerah menutup berbagai celah penyelewengan bantuan sesuai kewenangannya serta tanpa harus membuat kegaduhan.

“Kalau ada teman-teman kepala daerah yang pasif, ini yang terjadi adalah saling menyalahkan,” kata Tito.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...