Dampak Corona, Kadin Prediksi Bisnis Perhotelan Baru Pulih Pada 2023

Rizky Alika
18 Juni 2020, 18:59
Tamu hotel antre dengan jaga jarak fisik di Hotel Santika, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/6/2020). Meskipun tingkat hunian hotel tersebut masih rendah berkisar 20 hingga 30 persen namun manajemen hotel tetap menerapkan protokol kesehatan ketat untuk s
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/hp.
Praktik jaga jarak fisik di Hotel Santika, Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (16/6/2020). Kadin memprediksi sektor perhotelan baru akan pulih tahun 2023 mendatang.

Perhotelan menjadi salah satu sektor yang terkena dampak langsung dari pandemi virus corona covid-19. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia memperkirakan, industri ini baru akan pulih sepenuhnya pada tahun 2023.

Wakil Ketua Umum Bidang CSR dan Persaingan Usaha Kadin Indonesia Suryani Motik mengatakan sektor perhotelan memerlukan waktu yang lama untuk kembali normal. Apalagi operator hotel baru memulai proses pemulihan okupansi pada 2021 hingga 2022.

Advertisement

"Mungkin tiga tahun kemudian baru mulai kondisi baik. Itu juga mungkin baru 50% okupansinya," kata dia dalam sebuah webinar, Kamis (18/6).

(Baca: 7 Sektor Usaha Lesu, Kadin: 6,4 Juta Tenaga Kerja Terdampak Covid-19)

Suryani juga mengatakan proses pemulihan tersebut berpotensi memiliki dampak kepada kesejahteraan pekerja. Berdasarkan catatan Kadin, hingga Juni 2020, sektor perhotelan tercatat telah merumahkan atau PHK karyawan sebanyak 430 ribu orang.

Hal itu terjadi seiring dengan tingkat okupansi perhotelan yang sangat rendah sebesar 10% selama pandemi corona. Terlebih lagi, pengusaha Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) sebelumnya melaporkan lebih dari 2.000 penginapan tutup. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement