Menag: 1.400 Pesantren di Jawa Timur Tak Tutup Saat Pandemi Corona

Image title
19 Juni 2020, 12:24
pesantren, kementerian agama, fachrul razi
ANTARA FOTO/Fauzan/aww.
Aktivitas pesantren di Kota Tangerang, Banten, Rabu (17/6/2020). Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan ada 1.400 pesantren di Jawa Timur tidak tutup saat pandemi corona melanda.

Pandemi virus corona ternyata tidak membuat semua institusi pendidikan tutup untuk sementara. Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan ada 1.400 pondok pesantren di Jawa Timur tak menghentikan kegiatan belajar mengajar saat Covid-19 melanda.

Fachrul mengatakan meski kegiatan belajar berjalan, namun pesantren tersebut tidak menjadi kantong penularan corona. Kementerian Agama juga akan turun tangan memastikan santri dan pengurus tetap sehat.

“Mudah-mudahan betul tidak ada klaster, nanti kami akan cek lagi,” kata dia dalam konferensi pers di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (18/6) malam.

(Baca: Jumlah Kasusnya Melonjak, Jatim Jadi Zona Merah Virus Corona)

Fachrul mengatakan selama pandemi, dirinya membagi pesantren menjadi tiga jenis. Pertama adalah pesantren yang beroperasi seperti biasa, kedua pesantren yang tutup sementara menunggu kondisi aman, serta ketiga adalah pesantren yang tengah bersiap membuka kembali aktivitas.

Dari tiga kategori itu, pesantren yang memilih beraktivitas normal paling banyak. “Cukup banyak. Kami sedang rumuskan apa yang bisa dilakukan." kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...