Temui Jokowi, Purnawirawan TNI Minta Pancasila Tak Diganggu di RUU HIP

Rizky Alika
19 Juni 2020, 18:43
pancasila, jokowi, TNI
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj.
Wakil Presiden ke-6 RI Try Sutrisno (tengah) bersama sejumlah purnawirawan TNI lain di Jakarta, Jumat (12/6/2020). Purnawirawan TNI meminta kepada Presiden Joko Widodo agar Pancasila tetap dijaga di dalam RUU HIP.

Para purnawirawan TNI-Polri telah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Jumat (19/6). Dalam pertemuan tersebut, mereka memberi masukan kepada Jokowi terkait Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) yang belakangan ini ramai jadi polemik.

Pertemuan tersebut juga dihadiri  Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Azis.

Mereka berharap pemerintah menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu purnawirawan juga meminta pemerintah tidak mentolerir setiap ancaman ideologi bangsa dari paham lain.

"Mereka ingin Pancasila tidak tercabik-cabik oleh paham seperti liberalisme, komunisme dan radikalisme," kata Mahfud dalam keterangan pers, Jumat (19/6).

(Baca: Purnawirawan TNI Temui Jokowi Bahas Kedaulatan dan Ideologi RI )

Mahfud juga mengatakan bahwa Jokowi menyambut positif berbagai masukan yang disampaikan para purnawirawan. Mereka juga sepakat bahwa ideologi Pancasila sudah final. 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...