Pemerintah Akan Kurangi Rekrutmen PNS Tenaga Administrasi

Dimas Jarot Bayu
22 Juni 2020, 18:41
pns, rekrutmen pns, asn
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi/foc.
Pelantikan online PNS di di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (21/4/2020). Pemerintah akan kurangi rekrutmen PNS Tenaga administrasi.

Pemerintah akan mengurangi penerimaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) bidang administrasi ke depannya. Sebabnya jumlah pegawai di bidang tersebut sudah terlampau banyak.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RN) Tjahjo Kumolo mengatakan dari total 4,6 juta PNS yang ada di Indonesia, 37% berada di bidang administrasi. Dia mengatakan porsi ini akan terus dikurangi di masa depan.

 “Itu 1,6 juta lebih adalah pegawai dalam standar administratif. Ini yang saya kira mulai kami kurangi,” kata Tjahjo dalam diskusi virtual, Senin (22/6).

(Baca: Pemerintah Kaji Sistem Kerja Bergiliran untuk PNS Saat Normal Baru)

Menurut Tjahjo, pemerintah bakal lebih banyak merekrut pegawai yang memiliki kompetensi di bidang teknologi informasi ke depannya. Ini mengingat kebutuhan akan bidang tersebut semakin besar di masa mendatang.

Apalagi pemerintah akan memulai tatanan normal baru dalam menghadapi pandemi virus corona Covid-19. Alhasil, sistem kerja pemerintah akan lebih banyak mengedepankan teknologi informasi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...