Jokowi Lantik Pengurus Legiun Veteran RI, Ini Daftar Namanya

Pelantikan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19.
Dimas Jarot Bayu
24 Juni 2020, 12:07
Legiun veteran, jokowi, TNI
ANTARA FOTO/Pool/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/6/2020). Presiden pada Rabu (24/6) melantik pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Dewan Pengurus Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) sisa masa jabatan tahun 2017-2022, Rabu (24/6). Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta pukul 09.30 WIB dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan virus corona Covid-19.

Prosesi pelantikan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 76/M Tahun 2019 tentang Pengesahan Pemberhentian dan Pengangkatan Dewan Pimpinan Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat LVRI. Keppres Nomor 76/M Tahun 2019 tersebut berlaku mulai tanggal ditetapkan, yakni 19 November 2019.

(Baca: Purnawirawan TNI Temui Jokowi Bahas Kedaulatan dan Ideologi RI )

Setelah pembacaan Keppres, Jokowi lalu melantik para anggota Dewan Pengurus Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat LVRI. Dewan Pengurus Pusat LVRI yang dilantik adalah mantan Pangdam Brawijaya yakni Mayjen TNI (Purn) Syaiful Sulun sebagai Ketua Umum, Mayjen TNI (Purn) Bantu Hardjijo sebagai Wakil Ketua Umum.  Selain itu ada Marsekal Muda TNI (Purn) FX Soejitno sebagai Sekretaris Jenderal, dan Letkol (Purn) Agus Setiyono sebagai Wakabankum.

Dalam struktur Dewan Pertimbangan Pusat LVRI, Letjen TNI (Purn) Soekarto dilantik sebagai Ketua dan Brigjen TNI (Purn) Badjoeri Widagdo sebagai Sekretaris. Kemudian, Marsekal Muda TNI (Purn) Suparman Natawikarta dan Brigjen TNI Marinir (Purn) Ismu Edi Ismakun sebagai anggota.

Jokowi mempercayai mereka akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tanggung jawab yang telah diberikan. "Semoga Allah SWT, Tuhan yang maha esa bersama kita," kata Jokowi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada Dewan Pengurus Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat LVRI. Seiring diterapkannya protokol kesehatan, pemberian ucapan selamat tak dilakukan dengan berjabat tangan. Hal tersebut dilakukan dengan menangkupkan kedua tangan di depan dada dan menjaga jarak. Selain itu, para tamu undangan yang hadir juga diwajibkan menggunakan masker saat prosesi pelantikan berlangsung.

Adapun, acara pelantikan Dewan Pengurus Pusat dan Dewan Pertimbangan Pusat ini juga dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD dan Wakil Menteri Pertahanan Sakti Wahyu Trenggono. Selain itu, Panglima TNI Marsekal Hadi TJahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Idham Azis juga hadir pula dalam acara tersebut.

(Baca: Temui Jokowi, Purnawirawan TNI Minta Pancasila Tak Diganggu di RUU HIP)

Advertisement
Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait