Gugus Tugas: Hampir 60% Wilayah RI Berisiko Rendah & Zona Hijau Corona

Angka ini meningkat dari 46,7% daerah pada akhir Mei lalu.
Dimas Jarot Bayu
24 Juni 2020, 13:52
virus corona, gugus tugas, covid-19
Youtube BNPB
Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penangan Covid-19 Wiku Adisasmito di kantor BPNP, Jakarta Minggu (5/4). Wiku mengatakan hampir 60% wilayah di RI berisiko rendah dan masuk zona hijau virus corona.

Pemerintah menyatakan 58,3% daerah di Indonesia saat ini memiliki risiko yang rendah dari penularan virus corona. Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito persentase tersebut meningkat dibandingkan tiga pekan sebelumnya.

Wiku mengatakan pada 31 Mei lalu hanya 46,7% daerah yang berisiko rendah dan masuk zona hijau. Persentase tersebut bahkan sempat menurun menjadi 44% sebelum menanjak ke angka 52%.

"Sekarang 58,3% (daerah berisiko rendah dan masuk zona hijau). Jadi relatif hampir 60%," kata Wiku dalam konferensi pers dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (24/6).

(Baca: Jokowi: Kasus Masih Meningkat, Ancaman Virus Corona Belum Berakhir)

Lebih lanjut, Wiku menyebut ada 38 kabupaten/kota yang saat ini sudah masuk ke zona hijau. Dia menjelaskan ada lima kabupaten di Provinsi Aceh yang masuk zona hijau yakni Aceh Barat Daya, Pidi, Simeulue, Gayo Lues, dan Bener Meriah.

Di Sumatera Utara, ada dua kabupaten yang masuk zona hijau, yakni Toba Samosir dan Labuhanbatu. Ada tiga wilayah di Sumatera Barat yang masuk zona hijau, yakni Padang Panjang, Pariaman, dan Solok.

Ada enam kabupaten di Riau yang masuk zona hijau, yakni Indragiri Hulu, Pelalawan, Rokan Hulu, Siak, Dumai, dan Kampar. Sedangkan Kabupaten Bungur Tebo di Jambi juga masuk ke dalam daerah aman dari corona.

Di Bengkulu, ada dua kabupaten yang masuk zona hijau, yakni Mukomuko dan Seluma. Ada tiga kabupaten di Lampung yang masuk zona hijau, yakni Tulang Bawang, Pringsewu, dan Tulang Bawang Barat. Kemudian, Kabupaten Karimun menjadi satu-satunya wilayah di Kepulauan Riau yang bebas dari corona. Sedangkan di DKI Jakarta, Kepulauan Seribu merupakan daerah aman dari penularan Covid-19.



Di Jawa Tengah, ada satu kota dan satu kabupaten yang masuk zona hijau, yakni Pekalongan dan Wonogiri. Adapun Kota Bima di Nusa Tenggara Barat juga masuk ke dalam zona hijau.

Kabupaten Muna Barat juga menjadi satu-satunya daerah zona hijau di Sulawesi Barat. Sedangkan Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah dan Kota Palopo, Sulawesi Selatan juga masuk zona hijau.

Di Sulawesi Barat, ada dua kabupaten yang masuk zona hijau, yakni Mamuju Utara dan Majene. Pulau Talibu, Maluku dan Buru Selatan, Maluku Utara juga menjadi zona hijau. Kabupaten Mamberamo Tengah di Papua juga masuk zona hijau. "Di Papua Barat ada Teluk Wondama dan Manokwari Selatan," kata Wiku.

Advertisement

(Baca: Pengelolaan Data Makin Baik, Jokowi Optimistis Bisa Tangani Corona)

Wiku mengatakan, keberadaan daerah dengan risiko rendah dan zona hijau merupakan keberhasilan para kepala daerah dalam menekan kasus corona. Hal tersebut pun dapat terjadi karena pemerintah memiliki sistem penanganan corona yang terintegrasi, yakni Bersatu Lawan Covid-19.

"Sebagai alat navigasi untuk bisa mengendalikan daerah mana yang siap untuk memulai aktivitas sosial ekonomi dengan aman dan tetap menjaga keselamatan," kata dia.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait