Moeldoko Jelaskan Makna di Balik Ancaman Jokowi Reshuffle Kabinet

Dimas Jarot Bayu
29 Juni 2020, 17:42
reshuffle, moeldoko, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko di Gedung Bina Graha, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (13/2/2020). Moeldoko mengatakan ancaman reshuffle kabinet oleh Presiden Joko Widodo untuk memberikan contoh tegas kepada para Menteri.

Presiden Joko Widodo kesal dengan kinerja para menteri terkait penanganan virus corona Covid-19 yang biasa-biasa saja. Bahkan Jokowi sempat mengancam akan mengocok ulang (reshuffle) kabinet dan membubarkan lembaga akibat penanganan corona yang tidak optimal.

Kepala Staf Presiden Moeldoko menyebutkan ancaman Jokowi tersebut seperti strategi di dunia militer. Hal tersebut untuk memberikan contoh tegas kepada jajarannya.

Advertisement

"Memang Presiden mengatakan 'saya akan ambil sebuah risiko, reputasi politik akan saya pertaruhkan'. Maknanya Presiden ambil langkah-langkah yang memberikan contoh kepada bawahannya," kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Senin (29/6).

(Baca: Moeldoko: Jokowi Marah Karena Penanganan Corona Tak Sesuai Harapannya)

Moeldoko mengatakan ada tiga langkah yang biasa diambil komandan militer di situasi krisis. Pertama menunjukkan kehadiran komandan militer di lapangan. Cara ini telah diambil Jokowi di Jawa Timur beberapa hari lalu.

Kedua adalah dengan mengirimkan senjata bantuan, dalam hal ini adalah bantuan sosial. Namun jika dua cara tak berhasil mengatasi krisis, komandan militer akan mengeluarkan jurus ketiga yakni pengerahan kekuatan cadangan.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement