Jokowi Ingatkan Polri Terus Benahi Diri Meski Sedang Tangani Corona

Presiden juga menyoroti potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri khususnya menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak di akhir tahun 2020
Ameidyo Daud Nasution
1 Juli 2020, 11:56
polisi, jokowi, virus corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) selaku inspektur upacara memberikan pengarahan dalam Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kepolisian RI terus melakukan reformasi di internalnya secara total. Agenda strategis tersebut tak boleh diabaikan meski Polri tengah membantu penanganan pandemi virus corona Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7). Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa Polri harus terus berbenah guna menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks ke depannya

“Jajaran Polri harus selalu berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern. Ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Ungkap Peran Personel Polisi selama Pandemi Covid-19)

Advertisement

Jokowi mengatakan beberapa tantangan yang akan dihadapi Polri adalah kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, serta kejahatan berimplikasi kontingensi. “Sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara,” katanya.

Kepala Negara juga mengingatkan soal potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri khususnya menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak di akhir tahun 2020. Polri kini harus menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada 2020 dengan menjaga protokol kesehatan.

“Namun saya yakin Polri, TNI, serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga mengamanatkan Polri untuk terus berpegang teguh pada nilai-nilai Tribrata dan Catur Prasetya ketika menjalankan tugasnya. Kepolisian juga harus menjaga kehormatan, kepercayaan, kebanggaan korps.

Dia juga mengamanatkan Polri untuk memperkuat kerja sama dengan institusi lain seperti TNI dan lembaga pemerintah lainnya. “Maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks,” kata dia. 

Kemudian, Jokowi memerintahkan Polri menerapkan strategi proaktif, persuasif, dan humanis dalam menangani masalah sosial. Korps Tribrata juga harus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional.

Selain itu, dia ingin penanganan hukum oleh Polri dilakukan secara transparan dan berkeadilan. “Sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat,” kata dia.

Terakhir, Jokowi meminta Polri terus menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi dan ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional.

(Baca: Pemerintah Prioritaskan Redam Penularan Corona di 57 Zona Merah)

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait