Jokowi Ingatkan Polri Terus Benahi Diri Meski Sedang Tangani Corona

Ameidyo Daud Nasution
1 Juli 2020, 11:56
polisi, jokowi, virus corona
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/aww.
Presiden Joko Widodo (kanan) selaku inspektur upacara memberikan pengarahan dalam Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Kepolisian RI terus melakukan reformasi di internalnya secara total. Agenda strategis tersebut tak boleh diabaikan meski Polri tengah membantu penanganan pandemi virus corona Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7). Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa Polri harus terus berbenah guna menghadapi tantangan yang semakin berat dan kompleks ke depannya

Advertisement

“Jajaran Polri harus selalu berupaya memperbaiki diri untuk lebih profesional dan modern. Ubah semua kelemahan menjadi sebuah kekuatan,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Ungkap Peran Personel Polisi selama Pandemi Covid-19)

Jokowi mengatakan beberapa tantangan yang akan dihadapi Polri adalah kejahatan konvensional, kejahatan lintas negara, serta kejahatan berimplikasi kontingensi. “Sampai dengan kejahatan terhadap kekayaan negara,” katanya.

Kepala Negara juga mengingatkan soal potensi ancaman stabilitas keamanan dalam negeri khususnya menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak di akhir tahun 2020. Polri kini harus menjaga keamanan pelaksanaan Pilkada 2020 dengan menjaga protokol kesehatan.

“Namun saya yakin Polri, TNI, serta penyelenggara dan pengawas Pemilu akan mampu menjalankan tugas ini dengan baik,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement