Terus Meningkat, Jumlah Pengunjung Ragunan Capai Batas Maksimum

Rizky Alika
6 Juli 2020, 21:59
ragunan, jakarta, virus corona, new normal
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Pengunjung memotret satwa saat berkunjung di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Jakarta, Sabtu (20/6/2020). Jumlah wisatawan ke KB Ragunan meningkat sejak awal dibuka kembali awal Juni 2020.

Beberapa lokasi pariwisata di DKI Jakarta mulai dipadati pengunjung usai penerapan tatanan kenormalan baru (new normal) 20 Juni lalu. Salah satunya adalah jumlah kunjungan di Taman Margasatwa Ragunan yang terus meningkat usai ditutup sementara.

Kepala Satuan Pelaksana Promosi kebun binatang Ragunan, Ketut Widarsana mengatakan, tingkat okupansi pengunjung pada hari kerja masih di bawah 50% atau di bawah 500 pengunjung. Namun untuk kunjungan di hari Minggu telah mencapai kapasitas maksimum yang ditetapkan saat normal baru yaitu 1.000 orang.

Advertisement

"Pada hari minggu pertama (dibuka), jumlah pengunjung sekitar 800 pengunjung. Namun dua minggu terakhir, jumlah pengunjung pada Minggu mencapai 1.000 pengunjung," kata Ketut saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (6/7).

(Baca: Cegah Corona, Pemerintah Terapkan Protokol Kesehatan di Wisata Alam)

Selain pembatasan jumlah, anak berusia 0-9 tahun, ibu hamil, lanjut usia, dan orang-orang yang memiliki riwayat penyakit kronis seperti diabetes, jantung, TBC, gagal ginjal dan/atau penyakit komplikasi lainnya, dilarang berkunjung.

Untuk mengurangi risiko penularan virus, pengunjung dengan suhu badan 37,5 derajat celsius tidak diizinkan masuk kawasan taman margasatwa. Penggunaan masker, hand sanitizer dan jaga jarak untuk pengelola dan pengunjung juga diwajibkan setiap saat.

Selain Ragunan, wisatawan di Jakarta juga mengunjungi destinasi lainnya, seperti Kepulauan Seribu dan Taman Impian Jaya Ancol. Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kepulauan Seribu, Puji Astuti mengatakan total kunjungan wisata di wilayahnya selama 13-30 Juni 2020 mencapai 9.560 orang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement