Jokowi Instruksikan Perwira Muda TNI-Polri Ikut Atasi Krisis Corona

Dimas Jarot Bayu
14 Juli 2020, 14:12
virus corona, tni, polri, jokowi
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/wsj.
Presiden Joko Widodo (kanan) dalam KTT ASEAN ke-36 secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/6/2020). Jokowi (14/7) memerintahkan perwira muda TNI dan Polri ikut andil dalam mengatasi dampak krisi Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para perwira muda di Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) ikut mengatasi krisis dari dampak virus corona Covid-19. Selain itu Presiden mengingatkan agar mereka tak menyerah dalam menghadapi kondisi saat ini.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam Upacara Prasetya Perwira (Praspa) TNI dan Polri Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7). Presiden meminta para perwira bisa mengambil kesempatan dari pandemi yang melanda 215 negara tersebut.

Advertisement

“Kita harus memanfaatkan pandemi untuk memperkokoh kekuatan bangsa dan membuat lompatan-lompatan kemajuan,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Perkirakan Puncak Corona pada September, Apa Versi Epidemiolog?)

Menurut Jokowi, pandemi corona dapat memperkokoh kepedulian dan persatuan Indonesia. Selain itu kondisi ini dapat mempercepat upaya perbaikan di segala aspek yang sedang dilakukan pemerintah. “Juga mempercepat pengembangan teknologi dan industri kita,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga meminta para perwira TNI-Polri untuk cakap membaca peluang dan tantangan ke depan. Pasalnya, dunia berubah begitu cepat dan dirupsi terjadi di semua sektor kehidupan.

“Dunia juga akan diwarnai oleh hiper-kompetisi, persaingan yang ketat, tiap negara bersaing menguasai pengetahuan dan teknologi, termasuk dalam industrialisasi,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement