Skandal Surat Jalan Joko Tjandra, Kapolri Copot Petinggi Bareskrim

Ameidyo Daud Nasution
15 Juli 2020, 18:42
Kapolri, joko tjandra, bareskrim
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Kapolri Jenderal Pol Idham Azis di Komisi III DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (30/1/2020). Kapolri pada Rabu (15/7) copot Brigjen Prasetijo Utomo dari jabatannya di Bareskrim langtaran kasus surat jalan Joko Tjandra.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis resmi mencopot Brigjen Polisi Prasetijo Utomo dari jabatannya sebagai Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (Korwas PPNS) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. Prasetijo tersandung kasus surat jalan surat terpidana kasus Bank Bali Joko Tjandra.

Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor ST/1980/VII/KEP./2020 tanggal 15 Juli 2020 yang ditandatangani Asisten Bidang Sumber Daya Manusia Kapolri yakni Irjen Pol Sutrisno Yudi Hermawan. Prasetijo saat ini masih menjalani pemeriksaan Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam).

Advertisement

"Mutasi dilakukan dalam rangka pemeriksaan," kata Idham dilansir dari Antara, Rabu (15/7).

(Baca: Buron Joko Tjandra Tak Hadir di Sidang, Bagaimana Nasib Perkara PK? )

Sebelumnya Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan bahwa Prasetijo mengeluarkan surat atas inisiatif sendiri. Surat tersebut menjadi bekal Joko berangkat ke Pontianak pada 19 Juni dan kembali ke Jakarta 22 Juni 2020 lalu. “Itu inisiatifnya dan tidak ada izin pimpinan,” kata Argo.

Tak hanya Prasetijo, Divpropam juga akan memeriksa anggota Divisi Hubungan Internasional Polri terkait dicabutnya red notice Joko. Argo menjelaskan jika dari pemeriksaan ada pelanggaran, maka personel tersebut juga akan diberikan sanksi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement