Pemerintah Akan Integrasikan Tiket Empat Moda Transportasi di Jakarta

Rizky Alika
15 Juli 2020, 19:53
jakarta, transportasi, angkutan umum
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Aktivitas di Stasiun Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/6/2020). Pemerintah memulai proses integrasi empat moda transportasi di Jakarta pada Rabu (15/7).

 Pemerintah pusat bersama Pemprov DKI Jakarta akan mengintegrasikan sistem pembayaran empat moda transportasi yang ada di Jakarta. Keempatnya adalah KRL Commuter Line, Moda Raya terpadu (MRT), Lintas Raya Terpadu (LRT), dan TransJakarta.

Proses ini dimulai seiring penandatanganan perjanjian pemegang saham perusahaan patungan pengelola sistem pembayaran terpadu yang dilakukan di Kementerian Perhubungan, Rabu (15/7). Kesepakatan tersebut dilakukan PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ), PT MRT Jakarta, PT Jakarta Propertindo, dan PT Transportasi Jakarta.

Hadir dalam perjanjian tersebut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Menteri II Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo.

Budi mengatakan upaya yang dilakukan ini sesuai arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan dalam rapat terbatas pada Januari 2019. Saat itu, Jokowi meminta transportasi massal di Jabodetabek dapat terintegrasi untuk mendorong penggunaan angkutan umum oleh masyarakat.

"Melalui inovasi-inovasi yang dilakukan, diharapkan semakin mempermudah masyarakat," kata dia di kantornya, Jakarta, Rabu (15/7).

(Baca: Kurangi Antrean Penumpang di Stasiun Bogor, Pemerintah Bantu 150 Bus)

Budi menjelaskan integrasi pembayaran diperlukan guna mengurangi tingkat kemacetan yang menimbulkan dampak kerugian yang mencapai Rp 65 triliun setiap tahun. Dia juga berharap penyatuan sistem dapat diterapkan pada transportasi ojek online, taksi, dan angkutan sewa khusus.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...