FKM UI: Reproduksi Corona di Jakarta Meningkat Selama Pelonggaran PSBB

Image title
Oleh
16 Juli 2020, 19:46
virus corona, UI, jakarta
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sosialisasi protokol kesehatan di Halte Transjakarta Harmoni, Jakarta, Kamis (16/7/2020). Epidemiolog UI Iwan Ariawan menyebut angka reproduksi corona di Jakarta meningkat selama PSBB transisi.

 Pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ternyata berdampak pada peningkatan penyebaran virus corona di Provinsi DKI Jakarta. Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia (UI) Iwan Ariawan mengatakan angka reproduksi Covid-19 (Rt) ternyata bertambah jadi 1,15 pada Minggu (12/7).

Angka tersebut meningkat dari 1,1 sepekan sebelumnya dan 1,0 pada dua minggu lalu. Padahal saat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memulai PSBB transisi, angka reproduksi sempat berada di angka 0,98.

“Trennya naik meski tidak cepat dan banyak,” kata Iwan kepada Katadata.co.id, Kamis (16/7).

(Baca: Sosiolog Sebut Jakarta Berpotensi Besar Hadapi Gelombang Kedua Corona)

Iwan menjelaskan kondisi ini terjadi lantaran banyak masyarakat menganggap risiko terkena Covid-19 sangat rendah.  Hal tersebut membuat warga abai dan tidak patuh lagi terhadap pelaksanaan protokol kesehatan.

Dia lalu merujuk pada studi yang dilakukan Nanyang Technological University (NTU) Singapura bahwa persepsi masyarakat DKI terhadap penularan corona tergolong rendah.

Dalam survei tersebut, Jakarta hanya memiliki skor 3.46 dalam indeks persepsi risiko yang dikeluarkan NTU. Sedangkan skala persepsi yang diukur tertinggi mencapai angka 5. “Kalau anggap risiko kecil, tidak patuh,” kata Iwan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...