Survei: Responden Lebih Fokus Pembenahan Ekonomi Ketimbang Kesehatan

Ameidyo Daud Nasution
21 Juli 2020, 14:18
survei, kesehatan, ekonomi
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Pertokoan yang tutup di Pasar Asem Reges, Jakarta Barat, Selasa (21/7/2020). Hasil survei Indikator Politik Indonesia pada Juli 2020 menyatakan lebih banyak responden meminta pemerintah benahi sektor ekonomi ketimbang kesehatan.

Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru yang bertema perubahan opini publik terhadap Covid-19. Dari penelitian mereka, ada pergeseran persepsi masyarakat terhadap penanganan dampak virus corona dari sebelumnya kesehatan menjadi ekonomi.

Penelitian dilakukan pada 1.200 responden dengan wawancara lewat telepon tanggal 13 sampai 16 Juli lalu. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Dari hasil survei, sebanyak 47,9% responden menyatakan pemerintah sebaiknya fokus pada masalah ekonomi. Sedangkan 45% berharap regulator lebih menekankan perbaikan sektor kesehatan. Adapun 7% mengatakan tidak tahu atau tak menjawab.

Sebagai perbandingan, pada bulan Mei lalu 60,7% responden menganggap pemerintah perlu fokus pada sektor kesehatan. Sedangkan masyarakat yang memprioritaskan pembenahan ekonomi hanya 33,9%.

“Artinya ada perbedaan luar biasa dalam dua bulan terakhir buat masyarakat yang mulai bergeser dari public health ke ekonomi,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, (21/7).

Burhanuddin mengatakan fenomena ini sedikit mengkhawatirkan mengingat kasus Covid-19 RI terus meningkat hingga melampaui Tiongkok. Namun di sisi lain mereka memerlukan pemasukan. “Agak mengkhawatirkan terutama kalau masyarakat tak bisa stay at home karena kebutuhan ekonomi,” katanya.

Dari survei Indikator, 69,2% masyarakat masih menganggap kondisi ekonomi saat ini buruk dan sangat buruk. Namun responden yang menganggap ekonomi rumah tangganya lebih buruk ketimbang tahun lalu menurun dari 83,7% pada Mei 2020 menjadi 71,5% bulan ini.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...