Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar-Anies Naik, Prabowo Terpeleset

Ameidyo Daud Nasution
21 Juli 2020, 18:37
Presiden Joko Widodo (kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kedua kanan) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) serta Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2020 kepa
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat penyerahan DIPA di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/11/2019). Elektabilitas Ganjar dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meningkat dalam survei Indikator Politik Indonesia, Selasa (21/7).

Pandemi virus corona ternyata berdampak terhadap elektabilitas beberapa sosok yang digadang maju dalam Pemilihan Presiden 2024 mendatang. Dari hasil survei Indikator Politik Indonesia, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi tokoh yang paling banyak dipilih responden yakni 16,2%.

Di bawah Ganjar ada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang dipilih oleh 15% responden. Sedangkan nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto merosot ke posisi ketiga dari Mei lalu dengan 13,5% masyarakat memilihnya dalam survei Juli 2020.

Advertisement

“Ganjar, meski ada di peringkat pertama tidak jauh berbeda dengan Anies dan Prabowo,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, Selasa (21/7).

Survei dilakukan pada 1.200 responden dengan wawancara lewat telepon tanggal 13 sampai 16 Juli lalu. Uji persepsi ini memiliki toleransi kesalahan 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Mereka menanyakan kepada responden siapa yang akan dipilih jika Pemilihan Presiden berlangsung saat ini. Pilihan sosok diberikan secara tertutup dan terbatas pada 15 nama. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement