Pacu Transaksi saat Pandemi, Tokopedia Beri Diskon hingga Cashback 80%

Cindy Mutia Annur
22 Juli 2020, 08:41
tokopedia, blibli, diskon
Katadata/desy setyowati
Ilustrasi, tampilan fitur live streaming di Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Tokopedia memberikan diskon hingga cashback 80% demi memacu belanja di kala pandemi.

Sejumlah perusahaan seperti Tokopedia, Shopee, hingga Blibli menggelar festival belanja dengan diskon serta cashback hingga 80% dalam berbagai program kampanyenya. Strategi ini dilakukan platform e-commerce tersebut untuk meningkatkan transaksi mereka di tengah pandemi corona. 

Tokopedia mengadakan program 'Kejar Diskon' yang berlaku pada jam-jam tertentu dengan empat kategori yakni pukul 18.00, 20.00, 22.00, dan diskon yang terlewatkan.  Mereka juga memberi potongan harga hingga 80% pada produk fesyen anak-anak, cicilan diskon Rp 1 juta pada produk gadget, serta cashback Rp 100 ribu pada produk perlengkapan memasak. 

Advertisement

"Mulai dari bahan pokok dan pangan hingga kebutuhan ibu dan anak, dengan harga lebih terjangkau, yaitu di bawah Rp99 ribu," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya kepada Katadata.co.id, Selasa (21/7). 

Tokopedia juga memiliki katalog penawaran secara keseluruhan bertajuk 'Tokopedia Promo'. Dalam fitur tersebut pelanggan dapat melihat penawaran berdasarkan kategori Belanja, Pembayaran & Top Up, Produk Keuangan, hingga Travel & Entertainment.

Selain itu Tokopedia memberikan penawaran 'Bebas Ongkir' bagi pelanggannya melalui syarat dan ketentuan. Mereka juga menyediakan cashback hingga 80% bagi pelanggan baru yang melakukan transaksi di tempat.

Sedangkan Shopee tengah menggelar kampanye belanja Shopee 8.8 Mid Year Sale untuk memenuhi permintaan kebutuhan belanja yang meningkat di tengah situasi pandemi corona. Gelaran ini berlangsung sejak 13 Juli hingga 8 Agustus 2020 mendatang dengan sejumlah diskon untuk pengguna, mulai dari Gratis Ongkir XTRA, dan cashback sampai Rp 188 ribu.

Demi mendorong transaksi, perusahaan asal Singapura itu juga memaksimalkan fitur hiburan seperti Shopee Games dan Shopee Live. Pada April lalu, tingkat penggunaan Shopee Live meningkat 70% dibandingkan bulan sebelumnya dengan jumlah penonton mencapai 120 juta. 

"Inisiatif kampanye belanja online ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang mudah bagi pengguna untuk memenuhi setiap kebutuhan tanpa kontak fisik,” kata Public Relations Lead Shopee Aditya Maulana Noverdi, Selasa (21/7).

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement