Survei: 76% Pengusaha Anggap Ekonomi RI Buruk, Mayoritas Perdagangan

Rizky Alika
23 Juli 2020, 18:00
pengusaha, covid-19, survei
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/foc.
Penyerahan THR karyawan pabrik rokok di Kudus, Jawa Tengah, Selasa (12/5/2020). Survei Indikator Politik Indonesia menyebut 76% pengusaha menilai kondisi ekonomi RI saat ini buruk.

Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei evaluasi pelaku usaha terhadap kinerja ekonomi dan pemerintahan di masa pandemi Covid-19. Dari uji persepsi mereka, sebanyak 76,4% pengusaha menilai kondisi ekonomi nasional buruk dan sangat buruk.

Dari hasil survei Indikator, sebanyak 66,4% pelaku usaha menyatakan ekonomi saat ini buruk. Selain itu,ada 10% responden pelaku usaha memandang kondisi perekonomian nasional sangat buruk.

Jika dibandingkan, masyarakat umum yang menilai perekonomian RI jelek sebesar 57%. Sedangkan warga yang menyatakan kondisi saat ini sangat buruk sebanyak 12,2%.

"Pelaku usaha cenderung lebih gelap dalam memandang ekonomi nasional ketimbang warga umum," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Burhanuddin Muhtadi dalam paparan survei, Kamis (23/7).

Sedangkan 18,1% pengusaha memandang ekonomi nasional dalam kondisi sedang, 4,9% dalam kondisi baik, dan 0,2% yang menganggap sangat baik. Selebihnya, ada 0,3% responden yang tidak tahu atau tidak menjawab.

Responden yang paling banyak menyebut kondisi Indonesia buruk berasal dari sektor perdagangan besar dan eceran, serta perawatan kendaraan bermotor yakni 81,4%. Berikutnya ada pelaku usaha industri pengolahan sebesar 77,9%, serta sektor pertanian non perikanan dan kelautan sebanyak 66%.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...