Sempat Bertemu Wakil Wali Kota Solo, Jokowi Jalani Tes Corona Sore ini

Dimas Jarot Bayu
24 Juli 2020, 16:57
virus corona, solo, jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/POOL/foc.
Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (7/7/2020). Jokowi akan menjalani tes corona hari jumat (24/7) usai bertemu wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo yang dinyatakan positif Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan pemeriksaan virus corona dengan metode polymerase chain reaction (PCR) pada hari Jumat (24/7). Hal tersebut bakal dilakukan usai Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan positif Covid-19.

Keduanya sempat bertemu di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Jumat (17/7). Sepekan setelah pertemuan tersebut, Purnomo menjalani tes dan mendapatkan kabar bahwa hasil pemeriksaannya positif corona.

"Saya rasa Bapak Presiden akan melakukan swab (tes PCR) lebih cepat dari biasanya setelah mendengar Wakil Wali Kota Solo positif (corona)," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (24/7).


Heru  mengatakan pemeriksaan PCR bakal digelar pada sore ini bersamaan dengan jadwal pemeriksaan kesehatan rutin Presiden. Nantinya, Jokowi akan melakukan tes bersama dengan seluruh perangkat yang melekat kepadanya. "Presiden dan seluruh perangkat akan mempercepat jadwal swab test," kata Heru.

Lebih lanjut, Heru memastikan Jokowi selalu menerapkan protokol kesehatan ketika menerima tamu di Istana. Setiap tamu yang masuk juga melakukan uji cepat (rapid test) corona.

Dengan demikian, Heru meyakini Jokowi dan pihak Istana tetap steril dari corona. Dia lantas mencontohkan dirinya yang baru saja tes PCR pada Kamis (23/7) dan dinyatakan negatif Covid-19. "Padahal saya sering dan tiap hari berinteraksi dengan Bapak Presiden," kata mantan Wali Kota Jakarta Utara itu.

Purnomo kini tengah menjalani isolasi mandiri di kediamannya karena tak menunjukkan gejala apapun selama mengidap corona. Selain bertemu Jokowi, dia juga sempat mengikuti rapat paripurna dengan DPRD Solo pada Rabu (22/7) dan rapat dengan OJK Solo pada Kamis (23/7).

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...