Lima Vaksin Corona Masuki Uji Coba Tahap Tiga, Salah Satunya Sinovac

Ameidyo Daud Nasution
28 Juli 2020, 14:58
vaksin corona, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi vaksin anak di Depok, Jawa Barat, Rabu (10/6/2020). WHO hingga Senin (27/7) melaporkan saat ini sudah ada lima vaksin Covid-19 yang memasuki uji coba tahap tiga.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) melaporkan hingga pekan ini sudah ada lima kandidat vaksin virus corona Covid-19 yang memasuki uji coba klinis fase ketiga. Tahap ini merupakan proses yang melibatkan uji coba pada sampel penduduk berjumlah besar di beberapa lokasi sebelum diproduksi.

Dari data WHO yang dirilis Senin (27/7), vaksin yang masuk fase tiga terdiri dari ChAdOx1-S milik Oxford dan AstraZeneca, Sinovac, serta Moderna. Dua lainnya dikembangkan Sinopharm bersama Wuhan Institute of Biological Products dan Beijing Institute of Biological Products.

Advertisement

Moderna mengembangkan vaksin bersama National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) asal Amerika Serikat. Mereka akan merekrut 30 ribu sukarelawan di 100 lokasi untuk menjajal calon serum anti Covid-19 ini.

“Ini adalah tahap paling utama dalam pengembangan obat,” kata Presiden Moderna Stephen Hoge dikutip dari NBCnews, Selasa (28/7).

Sedangkan AstraZeneca memulai uji klinis kandidat vaksin pada masyarakat di Brazil dan Afrika Selatan. Adapun Sinovac melakukan pengujian pada sejumlah negara, salah satunya Indonesia.

"Kami memang berharap nanti setelah lewat uji klinis yang ada ini dan dites, maka nanti bisa diproduksi juga di Indonesia," kata Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga pekan lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement