Istana Sebut Jokowi Jalankan Protokol Ketat saat Lantik Gubernur Kepri

Gubernur Kepri Isdianto dinyatakan positif corona usai dilantik Jokowi. Istana memastikan pelantikan telah dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.
Image title
Oleh Cindy Mutia Annur
1 Agustus 2020, 15:15
gubernur Kepri, jokowi, virus corona
ANTARA/HO
Gubernur Kepri Isdianto jelang pelantikan oleh Presiden Jokowi di Jakarta, Senin (27/7). Istana sebut pelantikan Isdianto, yang belakangan terkonfirmasi positif corona, telah dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Isdianto yang baru dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) Senin (27/7) lalu, positif terkena virus corona. Istana lalu memastikan bahwa protokol kesehatan saat pelantikan Isdianto telah berlangsung dengan ketat. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya telah melakukan tes usap terlebih dahulu kepada Isdianto, keluarganya, maupun pejabat terkait yang hadir secara terbatas pada saat pelantikan. "Kami sudah melaksanakan protokol kesehatan secara ketat," ujar dia dikutip dari siaran pers, Sabtu (1/8). 

 

Heru menjelaskan, selama prosesi pelantikan berlangsung, protokol Istana juga meminimalkan kontak langsung antara Jokowi dan Isdianto. Ia mencontohkan, saat penyerahan Keputusan Presiden (Keppres), presiden tidak menyerahkan dokumen itu secara langsung kepada gubernur.

Selain itu, sejumlah protokol kesehatan lainnya juga diterapkan secara ketat di lingkungan Istana Negara, terutama selama prosesi pelantikan berlangsung, seperti memakai masker dan melakukan jaga jarak. 

"Saat pelantikan, kami tidak banyak mengundang para pejabat dan hanya dihadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu," ujar Heru.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kepri Tjetjep Yudiana menduga Isdianto dan lima staf protokolnya tertular virus corona saat berada di Tanjungpinang, Selasa (28/7). Dugaan itu semakin kuat ketika seremonial penyambutan gubernur tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Kami sudah ingatkan berulang kali kepada warga agar menerapkan protokol kesehatan, namun suasana yang ramai sulit dihindari," ujar Tjetjep.

Bukan sekali ini Jokowi berada satu ruangan dengan orang yang belakangan terkonfirmasi positif corona. Beberapa waktu lalu Wakil Wali Kota Solo Achmad Purnomo dinyatakan terinfeksi Covid-19 usai bertemu Presiden di Istana Kepresidenan.

Jokowi lalu menjalani tes usap dan hasilnya dinyatakan negatif corona. "Alhamdulillah negatif. Ibu (Iriana) juga negatif," katanya pekan lalu.

 

Reporter: Cindy Mutia Annur

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait