Satgas Covid-19 Diminta Gandeng Lebih Banyak Ahli Medis

Cindy Mutia Annur
1 Agustus 2020, 14:30
virus corona, covid-19, kesehatan
ANTARA FOTO/FB Anggoro/nz.
Perawat mengenakan alat pelindung diri (APD) menangani pasien di Poli Pinere RSUD Arifin Achmad, Kota Pekanbaru, Riau, Kamis (9/7/2020). IAKMI meminta pemerintah melibatkan ahli kesehatan di Satgas Penanganan Covid-19.

Ahli kesehatan masyarakat meminta pemerintah melibatkan lagi lebih banyak pakar dan tenaga medis dalam Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Ini lantaran masalah utama yang dihadapi Indonesia saat ini adalah penularan virus corona yang semakin melejit.

Sekretaris Jenderal Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dedi Supratman mengatakan hingga saat ini pihaknya serta organisasi kesehatan RI lainnya belum diajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk berdiskusi langsung terkait hal itu.

Padahal menurutnya tenaga dan ahli kesehatan berada di garis paling depan dalam menghadapi corona. Oleh sebab itu dia meminta adanya keterlibatan organisasi lebih banyak dalam pemutusan rantai penularan Covid-19.

"Perlu dipahami bahwa pasukan tempurnya bukan di militer karena kita akan melawan virus. Mau tidak mau (harus melibatkan) teman-teman dari tenaga kesehatan dan organisasi terkait untuk mengkoordinasi ini (penanganan virus)," ujar Dedi dalam diskusi, Sabtu (1/8). 

Dedi juga berharap tak ada lagi tumpang tindih tugas antara Satgas Covid-19 dengan instansi lainnya seperti Kementerian Kesehatan. Ini lantaran sebelumnya Kemenkes kerap berjalan tak berdampingan dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...