Pemerintah Yakin Bali Aman dari Corona Meski Pariwisata Kembali Dibuka

Dimas Jarot Bayu
4 Agustus 2020, 12:50
bali, virus corona, pariwisata
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/wsj.
Objek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, Sabtu (1/8/2020). Pemerintah yakin Bali aman dari corona meski pariwisata dibuka kembali.

Pemerintah yakin Bali bakal tetap aman dari penyebaran virus corona meski membuka kembali pariwisatanya. Ada beberapa faktor yang membuat Pulau Dewata dianggap bisa dibuka lagi tanpa perlu mengkhawatirkan Covid-19.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monarfa Suharso Monoarfa mengatakan faktor pertama adalah pencegahan Covid-19 berbasis komunitas di Bali sudah cukup ketat.  Sistem tersebut dibangun dengan melibatkan petugas keamanan adat atau pecalang.

Advertisement

 “Jadi kalau ada seseorang yang terkena (corona), mereka bisa mengatasi, antisipasinya cepat,” kata Suharso dalam diskusi virtual, Selasa (4/8).

Faktor kedua adalah warga Bali cukup disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan terutama mengunakan masker ketika beraktivitas. Hal ini karena masyarakat menyadari bahwa mereka akan rugi jika tak menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Jadi mereka sekarang sudah dengan tingkat kehati-hatian yang bagus,” kata Suharso.

Alasan ketiga adalah standar fasilitas kesehatan yang ada di Pulau Dewata cukup memadai lantaran sudah jadi destinasi bertaraf internasional. Dengan demikian, warga atau turis yang terkena corona bisa dirawat dengan baik ketika berada di sana.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement