Satgas: Daerah dengan Angka Reproduksi Corona Rendah Belum Tentu Aman

Dimas Jarot Bayu
4 Agustus 2020, 17:03
virus corona, reproduksi, Covid-19
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/aww.
Petugas mengenakan penutup wajah di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (30/7/2020). Pemerintah mengatakan daerah dengan tingkat reproduksi (Rt) virus corona rendah belum tentu bisa dikatakan aman dari penularan penyakit tersebut.

Pemerintah mengatakan daerah dengan tingkat reproduksi (Rt) virus corona rendah belum tentu bisa dikatakan aman dari penularan penyakit tersebut.  Ini lantaran angka Rt hanya salah satu indikator dalam penetapan zonasi risiko Covid-19.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan selain Rt, ada 14 indikator lain yang dipakai pemerintah untuk memetakan zonasi risiko corona. Beberapa di antaranya adalah jumlah kasus positif, kematian, kesembuhan, laju insidensi, hingga pemeriksaan spesimen.

Advertisement

"Itu lebih akurat dan menggunakan data riil," ujar Wiku di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (4/8).

Wiku juga mengatakan peta zonasi berbasis Rt tidak bisa dipakai di Indonesia karena masih ada ketidaksempurnaan data yang diperoleh pemerintah. Ini lantaran masih ada keterlambatan pelaporan hasil pemeriksaan laboratorium.

Padahal idealnya, laporan hasil pemeriksaan laboratorium diterima dalam 24 jam. "Jika dilaporkan lebih dari 1 kali 24 jam dan masih adanya keterlambatan pelaporan, maka penggunaan Rt tidak dapat diandalkan," katanya.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement