Nadiem Buka Sekolah di Zona Kuning untuk Pembelajaran Tatap Muka

Dimas Jarot Bayu
7 Agustus 2020, 18:01
nadiem makarim, sekolah, zona kuning corona
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga
Mendikbud Nadiem Makarim di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Nadiem memberikan izin bagi sekolah di zona kuning corona memulai kegiatan belajar tatap muka.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim memberi lampu hijau untuk memulai kembali pembelajaran tatap muka di sekolah yang masuk zona kuning corona. Keputusan ini diambil karena pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara berkepanjangan berdampak buruk bagi siswa.

Nadiem mengatakan ada siswa yang terancam putus sekolah dan terpaksa bekerja karena tak memiliki kondisi PJJ yang optimal. Ada pula kemungkinan persepsi orang tua berubah mengenai peran sekolah karena proses belajar mengajar yang tidak optimal.

"Sehingga ancaman putus sekolah ini sesuatu yang riil dan bisa berdampak seumur hidup bagi anak-anak kita," kata Nadiem dalam konferensi virtual, Jumat (7/8).

Advertisement

 Selain Nadiem, dalam pengumuman tersebut hadir Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy dan Kepala Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo.

Nadiem menilai PJJ menurunkan capaian belajar siswa karena kesenjangan kualitas belajar antara siswa yang memiliki akses teknologi dan yang tidak. Kemudian, ada peningkatan kekerasan pada anak ketika PJJ diterapkan.

"Serta risiko psikososial dengan stres di dalam rumah tidak bisa keluar, tidak bertemu temannya, dan lain-lain," katanya.

Atas dasar itu, pemerintah akhirnya memutuskan untuk membolehkan kembali pembelajaran tatap muka di sekolah yang masuk zona kuning Covid-19. Nadiem menjelaskan ada 43% peserta didik yang berada di dalam zona hijau dan kuning. 

Mayoritas berasal dari daerah tertinggal dan terluar di Indonesia. "Semua data mengenai zonasi kuning, hijau, dan lainnya itu berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19," ujar mantan bos Gojek tersebut.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement