Pakar Kesehatan Soroti Potensi Penularan Corona dari Gowes Bareng

Ameidyo Daud Nasution
7 Agustus 2020, 19:01
sepeda, olah raga, virus corona
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Sejumlah pesepeda di Bunderan HI, Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, MInggu (26/7/2020). Pakar Kesehatan masyarakat Ascobat Gani menyoroti potensi penularan corona dari olah raga secara berama-ramai.

Aktivitas olahraga di masa pandemi ternyata tak selamanya diasosiasikan dengan hidup sehat. Pakar dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Prof. dr. Ascobat Gani mengatakan berolahraga secara ramai-ramai bisa menjadi salah satu faktor risiko penularan virus corona.

Beberapa aktivitas yang melibatkan keramaian antara lain bersepeda dan car free day disebutnya jadi potensi penularan. “Sport bersama, gowes misalnya itu pernah ada yang positif (corona) ramai-ramai,” kata Ascobat dalam diskusi virtual yang digelar BNPB, Jumat (7/8).

Advertisement

Potensi lainnya adalah budaya menongkrong dan berkumpul di areal pemukiman. Ascobat mengatakan dampak dari aktivitas dilakukan di rumah, maka masyarakat semakin banyak yang saling bertemu di wilayah tempat tinggalnya.

“Karena saya amati dengan stay at home, orang akan mencari kegiatan sebagi kompensasi kebosanan,” ujarnya.

Ascobat mengatakan potensi penularan dari kegiatan-kegiatan tersebut harus jadi perhatian warga dan pemerintah.  Dia menyampaikan jika kesadaran masyarakat tak muncul, maka pemerintah perlu menjalankan sanksi kepada pelanggar dan hadiah kepada yang patuh protokol.

“Saya optimis Covid-19 bisa selesai asal protokol kesehatan berjalan. Itu lebih murah ketimbang masuk rumah sakit yang mahal biayanya,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement