Jokowi Targetkan Vaksinasi Virus Corona di RI Dimulai Januari 2021

Dimas Jarot Bayu
11 Agustus 2020, 13:20
jokowi, vaksin corona, virus corona
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020). Jokowi menargetkan vaksinasi corona di RI dapat dimulai awal 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini vaksin virus corona akan dapat diberikan kepada seluruh masyarakat di Indonesia awal 2021. Ini mengingat uji vaksin Covid-19 yang dikembangkan PT Bio Farma (Persero) dengan perusahaan asal Tiongkok, Sinovac mulai memasuki uji klinis tahap ketiganya pada Selasa (11/8).

Uji klinis tahap tiga vaksin corona ini rencananya berlangsung selama enam bulan. “Kami harap nanti bulan Januari sudah bisa memproduksi dan sekaligus langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” kata Jokowi di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, Selasa (11/8).

Advertisement

Jokowi melihat langsung dimulainya uji klinis fase ketiga vaksin corona pada hari ini. Dalam pengujian tersebut, ada 1.620 relawan yang akan diuji coba dengan serum anti Covid-19.

Dia mengatakan, produksi vaksin corona yang memiliki kapasitas produksi hingga 100 juta vaksin. Bahkan Presiden mengatakan kapasitas ini akan ditingkatkan hingga 250 juta pada Desember 2020.  “Artinya ini nanti yang akan digunakan untuk vaksinasi di Tanah Air,” kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan RI sedang mengembangkan vaksin sendiri dan ditargetkan rampung pertengahan 2021. Serum tersebut dikembangkan oleh Lembaga Molekuler Eijkman, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), serta perguruan tinggi. "Kami harapkan vaksin merah putih ini juga segera selesai," kata Presiden.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement