Corona Muncul Lagi, Selandia Baru Lockdown Kota Auckland Selama 3 Hari

Ameidyo Daud Nasution
12 Agustus 2020, 14:26
selandia baru, lockdown, virus corona
Katadata
PM Selandia Baru Jacinda Ardern saat mengumumkan restriksi Auckland karena melonjaknya virus corona, Rabu (12/8). (Foto: Facebook Jacinda Ardern)

Pemerintah Selandia Baru kembali memberlakukan pembatasan alias lockdown di kota terbesar mereka yakni Auckland selama tiga hari mulai Rabu (12/8). Ini lantaran virus corona di negara tersebut muncul usai 102 hari bebas penularan lokal Covid-19.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan empat kasus penularan lokal di kota tersebut muncul sehingga restriksi tingkat tiga diambil pemerintah. Sedangkan otoritas kesehatan akan menggelar pelacakan kontak positif dan memantau situasi selama lockdown.

Advertisement

“Kami meminta warga Auckland mengambil tindakan cepat bersama, memindahkan ke pembatasan level 3,” kata Ardern dikutip dari CNN, Rabu (12//8).

Ini berarti bisnis termasuk restoran, bar, dan toko yang tidak esensial harus tutup. Warga juga hanya diizinkan meninggalkan rumah untuk melakukan kegiatan penting. Pemerintah juga membatasi pertemuan lebih dari 10 orang.

Sekolah di Auckland juga akan ditutup selama tiga hari. Di luar kota tersebut, pemerintah juga memberlakukan pembatasan tingkat dua yang berarti pertemuan lebih dari 100 orang dibatasi.

Langkah ini juga diambil agar Selandia Baru tidak mengalami nasib yang sama dengan tetangganya yakni Australia. Ardern mengatakan dirinya ingin melihat Negeri Kiwi kembali pada situasi tak ada kasus Covid-19 seperti beberapa hari lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement