Wagub Jakarta: Kapasitas RS untuk Tampung Pasien Corona Masih Cukup

Ameidyo Daud Nasution
12 Agustus 2020, 20:29
Ahmad Riza Patria, Ketua DPP Partai Gerindra, terpilih sebagai wakil gubernur DKI Jakarta.
www.ahmadrizapatria.com
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. Riza pada Rabu (12/8) mengatakan kapasitas rumah sakit di DKI masih cukup untuk merawat pasien virus corona.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyatakan kapasitas rumah sakit rujukan di Ibu Kota lebih dari cukup untuk menampung pasien virus corona. Dia memastikan tak ada pasien Covid-19 yang saat ini terbengkalai rumah sakit.

Riza mengatakan rasio jumlah pasien terhadap kapasitas RS selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang meningkat dari 45% menjadi 55%. Namun menurutnya angka tersebut masih aman.

Advertisement

DKI saat ini memiliki 67 rumah sakit rujukan virus corona dengan 4.556 tempat tidur di ruang isolasi dan 659 tempat tidur di intensive care unit (ICU). “Tidak overload, kapasitas kami lebih dari cukup,” kata Riza dilansir dari Antara, Rabu (12/8).

Dokter Spesialis Paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan sebelumnya mendesak pemerintah serius mengatasi Covid-19. Hal ini karena banyak rumah sakit rujukan mulai kewalahan karena pasien dengan gejala berat bermunculan.

“Sejak dua pekan kami menerima lonjakan pasien bergejala berat. Tiap hari RS Persahabatan kedatangan 50 sampai 70 pasien baru,” kata Erlina.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement